Sabtu, 30 Januari 2010

Istilah - istilah baru bahasa inggris

Setiap bahasa akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Istilah-istilah dan kata-kata dihasilkan melalui serapan dari bahasa asing, penggabungan kata, dan metode-metode lain. Bahasa Inggris juga termasuk bahasa yang sangat aktif memperkaya kosa katanya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford Language Dictionary, seperti dikutip dari ITproportal, kata-kata baru yang terbanyak di sepanjang 2009 adalah kata-kata yang terkait dengan teknologi. Dan menariknya beberapa dari kata tersebut terinspirasi oleh situs raksasa mikro-blogging, Twitter. Tweetupmerupakan salah satu kata baru yang menempati posisi atas dalam daftar tersebut, yang berarti ‘melaksanakan pertemuan melalui situs jejaring sosial‘. Juga ada kata-kata Twitter lain seperti Twitteratti, Twitterverse danTweet.

Kata yang paling ngetop, menurut New Oxford American Dictionary, adalah “Unfriend” yang berarti ‘menghapus seseorang sebagai teman dari sebuah situs jejaring sosial‘ seperti Facebook.

Selain itu ada kata baru Staycation yang berarti menikmati liburan dengan tinggal di dalam rumah. Jika dulu kita mengenal istilah Premium maka ditahun 2009 muncul istilah Freemium yang berarti penyedia layanan gratis dengan tambahan/ekstra yagn berbahayar. Istilah yang juga populer di tahun 2009 adala Bossnapping, yang berarti ‘balas dendam terhadap Bos ketika seorang karyawan dipecat‘.

Bukannya Google atau Facebook yang paling banyak memperkaya perbendaharaan kata bahasa Inggris, tetapi Twitter. Menurut ITproportal, itu disebabkan karena Twitter mengandung “Twit” yang mudah diplesetkan berbeda dengan Google yang sulit dikombinasikan dengan istilah lain, begitu juga dengan Facebook yang sudah merupakan gabungan dari 2 kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar